Hindari Culture Shock, Pelajari Dulu Budaya di Arab Saudi

Admin,
5 Februari 2022 - 1:53

Beda negara, beda budaya. Bekerja di luar negeri bukanlah hal mudah. Sementara Anda harus menguasai bahasa setempat, juga dituntut mengerti akan budaya serta kebiasaan masyarakatnya.

Culture shock seringkali terjadi ketika datang ke tempat baru. Pemicunya yakni perbedaan signifikan dan enggan untuk mencari tahu sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi calon tenaga kerja asing untuk mempelajari adat istiadat, peraturan, budaya dan sosial di negara tujuan.

Berikut ini budaya di Arab Saudi yang tidak akan ditemukan di negara lain. Simak, yuk!

  • Aktivitas berhenti saat adzan

Umat Islam mendirikan sholat wajib lima kali dalam sehari. Selain kewajiban, hal ini juga merupakan culture di Arab Saudi dengan menghentikan segala aktivitas di manapun untuk mendirikan ibadah ketika adzan berkumandang. Situasi demikian sangat indah dan menyejukkan ketika Anda tiba di sana.

  • Menjamu bisnis itu penting

Setiap hukum dan peraturan di Jazirah Arab disesuaikan dengan Islam. Dengan demikian silaturahmi merupakan kegiatan yang sangat penting. Jika menerima undangan, maka sepatutnya membalas. Biasanya tuan rumah menyediakan beragam kudapan lezat yang memanjakan tamu.

  • Jaga sikap dan perkataan

Sangat penting untuk menjaga tutur kata, apalagi bila menyebabkan orang lain tersinggung. Hindari pertengkaran dengan menyelesaikan segala masalah secara diplomatis. Keributan di sana sangat tidak dianjurkan mengingat ada tempat-tempat suci yang harus dihormati.

  • Waktu fleksibel

Warga asli Arab Saudi memiliki sikap fleksibel terhadap waktu. Bagi mereka menjaga perasaan sesama sangatlah penting daripada mengatur jadwal sebaik mungkin. Jadi, akan lebih baik untuk mendiskusikan schedule sebelum memulai rapat atau pertemuan, pastikan kedua belah pihak menemukan titik yang pas guna menghindari pertikaian.

  • Negosiasi terbaik

Masyarakat Saudi adalah negosiator terampil dan akan memainkan permainan halus untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Oleh sebab itu, hindari menekan seseorang dalam mengambil keputusan karena ini akan menempatkan Anda pada posisi yang lemah.

 

Jika mengetahui terlebih dahulu budaya dan situasi sosial di negara tujuan, maka akan mempermudah dalam beradaptasi. Maka, ada baiknya mempelajari dan mencari tahu terlebih dahulu sebelum terjun langsung. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp